Sudah Melakukan Amalan, Tapi Tak Ada Hasilnya

Master Khilman

Begini, dalam dunia spiritual dan supranatural, begitu banyak laku tirakat dan salah satu lelakuknya adalah dengan amalan.

Begitu banyak orang-orang yang sudah melakukan amalan tertentu. Dan itu didapatkan dari para guru, ustadz, ataupun kiainya.

Atau mungkin Anda mendapatkan dari website ini. Dan ketika Anda amalkan, tetap saja belum ada perubahan yang Anda harapkan.

Lantas, bisa jadi Anda beralih pada amalan lain dengan guru atau kiai lain. Anda pun minta amalan dari beliau dan Anda amalkan.

Namun, tetap saja Anda belum merasakan manfaatnya. Nah, Anda pun bertanya-tanya, apa yang salah dan apa yang menjadi persoalannya.

Entah mungkin Anda bertanya kepada guru langsung, dari ceramah keagamaan, atau dari internet.

Dan Anda pun telah menemukan jawabannya. Lantas, Anda pun melakukannya. Setelah Anda lakukan, Anda lalu tetap tidak mendapatkan apa pun.

Anda tidak merasakan perubahan positif atau sesuai harapan Anda. Mungkin, Anda akan berhenti karena Anda sudah merasa putus asa.

Akan tetapi, ada juga di antara Anda yang mencari amalan lain sampai Anda punya berbagai jenis amalan. Dan setelah Anda amalkan semua amalan Anda, tetap saja tidak membuahkan hasil.

Anda tunggu-tunggu kapan datangnya perubahan hidup atas persoalan hidup Anda.  Alhasil, Anda tetap tak mendapatkan apa pun.

Dan pada akhirnya, Adna mulai menyerah. Adna mulai berserah dan berpasrah menyerahkan segala urusan Anda kepada Allah.

Nah, di saat itulah, ketika Anda berusaha untuk tidak bergerak secara fisik. Anda hanya menyerah dan berpasrah, maka di sinilah hasilnya.

Mungkin selama ini Anda terlalu berharap akan hasilnya. Anda terlalu berambisi agar bisa dengan mudah mendapatkan apa yang Anda harapkan.

Ya, karena dengan berserah, maka Anda telah mewakilkan Allah untuk menyelesaikan segala persoalan Anda kepada-Nya.

Sebab, segala sesuatunya bisa dengan mudah ketika kita berserah dan berpasrah atas segalanya.