Inilah Manfaat Amalan Hikmah

Master Khilman

Manfaat amalan hikmah. Sebagai muslim yang taat pastinya kita akan terus menempa diri agar terus menerus belajar. Berusaha untuk selalu mendalami ilmu-ilmu yang belum diketahui terutama ilmu agama.

Ilmu agama yang dipelajari tak akan pernah mencapai batas akhir. Sehingga kita sebagai manusia harus senantiasa belajar tiada henti hingga akhir hayat.

Sebagai muslim pada mulanya kita belajar agama dasar seperti berwudhu, menghafal doa-doa, belajar solat lima waktu, mengenal nabi-nabi, mengetahui  rukun iman dan islam serta yang lainnya.

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia kita akan menemui banyak ilmu-ilmu baru. Pada umumnya orang-orang yang sudah mengembara dalam belajar syariat akan menapakan kaki ke dalam ilmu tarikat.

Pada lingkungan belajar tarikat akan banyak ditemui amalan-amalan atau dzikir-dzikir, ada pula yang menyebutnya hizib atau hijib.

Pada tataran ini orang akan mulai berubah dari yang beragama secara serampangan menjadi lebih fokus, menjadi zuhud. Orang yang zuhud bukanlah orang yang meninggalkan dunia tetapi orang-orang yang mengakheratkan dunia. Amalan hikmah adalah bentuk dari hizib tadi.

Oleh-oleh dari perjalanan makrifat adalah kesadaran akan hakekat. Ilmu hakekat dapat dicapai setelah kita menyadari dalam hati dan pikiran bahwa Allah satu-satunya Tuhan yang pantas disembah.

Apapun yang kita lakukan adalah semata-mata persembahan untuk Allah. Orang pada tataran hakekat akan menjadi khowas, yakni semakin bijak dalam bertindak dan berucap.

Amalan hikmah umumnya diberikan pada mereka yang sudah menjalani sebuah riyadhah atau biasa disebut rialat dalam bahasa Jawa. Rialat adalah merupakan prosesi seperti puasa atau menyepi.

Ada beragam jalan puasa, ada puasa mutih, puasa Daud, puasa pati geni dan jenis-jenis puasa lainnya. Puasa atau menyepi bertujuan untuk membersihkan diri baik secara jasmani maupun rohani.

Umumnya hal itu dilakukan agar kita pantas untuk diijazahi amalan-amalan. Sebab amalan-amalan tadi hanya diajarkan untuk kebaikan bukan untuk tujuan jahat.

Jadi dalam mencapainya perlu keadaan yang suci baik perbuatan, lisan maupun pikiran. Puasa adalah salah satu jalan untuk membuat kita mencapai posisi suci tersebut.

Jika kita sudah melewati salah satu prosesi kita akan mendapat ijazah amalan hikmah. Amalan yang akan membantu kita dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Amalan-amalan tersebut sangat bermanfaat untuk kita. Apa saja manfaatnya?

Amalan Pagar Malaikat

Sebaiknya amalan ini dilaksanakan dalam keadaan suci, artinya berwudhu terlebih dahulu. Dilafalkan sebanyak 101 kali selama 11 hari berturut-turut.

Bacaannya adalah “Alam taro kaifafa’ala Robbuka, ya Jibroiila. Bi ashabiilfil, ya tankafiilu. Alam yaj’al kaidahum fii tadhliliin, ya Mikailu. Wa arsala ‘alaihim thoiron ababiil, ya Azroiilu. Tarmihiim bi hijaarotiin, ya amwakiilu. Min sijiilin faja’alahum ka’asfim ma’kuul, ya lumaiilu”.

Mengembalikan Orang yang Minggat

Amalan hikmah ini dapat diamalkan sebaiknya pada waktu-waktu yang baik misalnya setelah solat. Adapun bacaannya adalah membaca sholawat 11 kali, membaca doa dengan menyebut nama orang yang minggat pada titik-titik yang ada pada doa kemudian ditutup dengan sholawat 11 kali kembali.

Doanya adalah “Naa di ‘aliyyam madhharol ‘ajaaibi. Tajidhu ‘aunallaka finnawaaibi. Kullin hammiwwahommin sayanjalii binabuwwatika ya Muhamaduwwabuuka itika ya ‘aliyyu ya ‘aliyyu ya ‘aliyyu”. Dilanjutkan dengan membaca faintawallawfaqul khasbiyalloohulaa ila hailla huwa ‘alaihi tawakkaltu wahuwa Robbul ‘arsyil ‘adhiim. Anta ya Robbi khasbi ‘ala ……………………. a’tif ‘alayya wa aqbilli.

Penarik Sukma

Amalan hikmah yang satu ini digunakan untuk menarik sukma seseorang yang sedang terkena ilmu hitam atau ilmu pelet. Ketika seseorang dalam pengaruh ilmu hitam atau ilmu pelet dapat kita tolong dengan amalan ini.Begini bunyi bacaanya, Ya jaami’annaasi liyaumilla roibafiihi innallaahalaa yukhliful mii’aad. Allohumma sahhir lii qolba …… ‘ala mahabbatii wa mawaddatii wa qodooi haajati nasrum minallohi wa fathu’ qoriib.

Dimulai dengan puasa 7 hari dimulai tepat pada hari weton orang yang dituju. Niatnya, “Nawaitu souma ghodin li qodooi hajati sunnatallillahita’ala”. Selama dalam masa puasa tidak boleh mengkonsumsi makanan bernyawa atau yang dihasilkannya. Amalan di atas di baca seratus kali setelah Solat Hajat pada jam 3 pagi. Sebut namanya pada titik-titik kosong di atas serta bayangkan wajahnya saat berdoa.

Adapula manfaat amalan hikmah lainnya seperti untuk hasrat agar menjadi nyata, anti kejahatan, mendatangkan bala tentara gaib, cara mendeteksi khodam pusaka, utnuk menghindari hipnotis, endam, dan pelet, dan sebagainya.

Seluruh amalan hikmah di atas insyaAllah dapat terlaksana tentu atas izin Allah semata. Tentu dibarengi dengan keyakinan dan rasa berserah diri yang kuat.