PRODUK ISTIMEWA sarana hikmah praktis Sarana spiritual khusus tanpa puasa & laku tirakat yang memberatkan
sarana hikmah praktis




Customer Service (Mbak Sinta)


081225588835 / 085740003031
Pin BB : 56B2DEE8
Whatsapp : 081 22 55 888 35
csmastersalam@gmail.com



id line
ID Line : csmastersalam



GURU SPIRITUAL

Pin BB : 555D335C
081 225 777 400
Whatsapp : 081 225 777 400
mastersalam104@gmail.com

ALAMAT KANTOR
Perum Griya Tahunan Indah – Jl. Amarta 1 No. 247 B Kel. Tahunan, Jepara,
Jawa Tengah, Indonesia. 59451

HARI & JAM KERJA
Senin - Sabtu (08.00 - 16.00 WIB)
Diluar Jam Kerja, Silahkan SMS/Email

Artikel Hikmah

Ada beberapa hal yang penting yang perlu Anda ketahui tentang amalan hikmah, diantaranya sebagai berikut :

 

Apa Itu Ilmu Hikmah?

Istilah hikmah sebenarnya berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata Al-hikmah yang berarti kebijaksanaan, pendapat atau pikiran yang bagus, pengetahuan, filsafat, kenabian, keadilan, peribahasa (kata-kata bijak), serta Al-Quranul Karim. Selain itu, ada beberapa definisi lain dari para ulama’ yang menjelaskan hikmah itu sendiri. Baca Selengkapnya..


Ilmu Hikmah Merupakan Tataran Ilmu Tingkat Tinggi

Ilmu yang terbentang di jagad raya ini sangatlah luas dan beragam. Tentu saja suatu keilmuan jika dikaji manusia tidak akan pernah ada habisnya. Dalam hal ini adalah suatu ilmu yang diberikan oleh Allah kepada manusia sebagai kholifah di bumi wajib dipelajari. Adapun ilmu yang dipelajari hendaknya yang bermanfaat dan untuk kesejahteraan semua makhluk. Baca Selengkapnya..


Sejarah Datangnya Ilmu Hikmah

Seperti yang kita ketahui bahwa ilmu hikmah merupakan sebuah ilmu spiritual yang berupa amalan-amalan hikmah dalam bentuk doa, wirid, dan ayat-ayat suci untuk memberikan ketenangan batin, mendekatkan diri kepada Ilahi, sebagai media untuk membantu menyelesaikan berbagai persoalan hidup, dan sebagainya. Amalan ini tentunya bersumber dari Al-Quran dan Al-Hadits yang merupakan sumber hukum Islam. Baca Selengkapnya..


Bagaimana Cara Menguasai Ilmu Hikmah

Pada dasarnya ilmu hikmah adalah sebuah anugerah yang diberikan Allah kepada hamba yang dikehendakinya. Zaman dulu, ilmu ini sangatlah lekat dalam dunia pesantren dan dunia perguruan silat. Banyak sekali orang mempelajarinya dengan tujuan untuk memperoleh keselamatan dan ketenangan batin karena sebenarnya ilmu hikmah merupakan sebuah sarana untuk memperoleh kedamaian hati dan ketenangan pikiran. Baca Selengkapnya..


Pentingnya Ijazah dalam Ilmu Hikmah

Dalam kamus bahasa Indonesia ijazah diartikan sebagai izin yang diberikan oleh seorang guru kepada muridnya untuk mengajarkan ilmu yang diperoleh si murid dari gurunya. Ada juga yang berpendapat bahwa ijazah merupakan pernyataan pemberian ilmu atau wewenang dari seorang guru kepada murid. Baca Selengkapnya..


Peran Mahar dalam Pembelajaran Ilmu Hikmah

Mempelajari ilmu hikmah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan seperti ilmu-ilmu pengetahuan lain. Namun juga tidak sesulit yang dibayangkan sehingga sangat sukar untuk memilikinya. Asal para pembelajar ilmu hikmah bersunguh-sungguh dan berusaha keras untuk melakukannya. Butuh pengorbanan, perjuangan, dan keikhlasan hati untuk mendapatkannya sehingga benar-benar mampu menguasai sepenuhnya. Baca Selengkapnya..


Pandangan Para Ulama Terhadap Ilmu Hikmah

Pada dasarnya ilmu hikmah berasal dari keyakinan seseorang yang memanfaatkan berbagai doa, wirid, amalan yang bersumber dari kitab suci dengan tujuan tertentu. Doa-doa, dzikir, wirid, atau bacaan yang bersumber dari Al-Quran atau kalimat berbahasa arab memberikan manfaatkan bagi para pengamalnya jika digunakan untuk kebaikan. Baca Selengkapnya..


Pentingnya Ilmu Hikmah di Masa Modern

Tidak dapat dipungkiri, kebutuhan manusia setiap saat selalu kian meningkat. Baik kebutuhan secara fisik (primer, sekunder, bahkan tersier) maupun nonfisik (batiniah). Apalagi di masa globalisasi saat ini, keperluan hidup manusia yang cenderung hedonis menuntut keinginan mereka untuk selalu terpenuhi. Bukan berarti kehidupan sekarang harus menjadikan seseorang yang mesti hidup mewah, tetapi kondisi perkembangan zaman yang harus diikuti agar dipandang sebagai orang yang tak ketinggalan zaman. Baca Selengkapnya..


Rajah dan Amalan Hikmah

Seiring dengan berkembangnya ilmu hikmah yang ada di masyarakat secara luas, banyak sekali orang memanfaatkan ilmu hikmah untuk berbagai kepentingan tujuan hidupnya. Termasuk di dalamnya beragam media maupun doa-doa yang digunakan untuk memohon pertolongan kepada Allah agar diberi kemudahan dalam mencapai hal yang diinginkan. Tentunya hasrat yang dimaksud adalah untuk hal yang positif, demi kebaikan baik diri sendiri maupun orang lain. Baca Selengkapnya..


9 Karakter yang Wajib Dimiliki Pembelajar Ilmu Hikmah

Belajar ilmu hikmah bukanlah hal yang mudah, tidak pula susah. Hal itu bergantung pada masing-masing individu yang sedang mendalaminya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa ilmu hikmah merupakan ilmu tingkat tinggi karena pada dasarnya bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kedekatannya kepada Allah akan mengantarkannya kepada makrifatullah (mengenal Allah). Baca Selengkapnya


6 Syarat Mengamalkan Amalan Hikmah

Amalan hikmah memiliki syarat-syarat tertentu bagi siapa yang akan mengamalkannya. Tujuannya, agar supaya amalan hikmah menjadi berkah dan sesuai syariat. Menjaga agar amalan hikmah tetap sesuai dengan syariat Islam. Berikut ini adalah enam syarat dalam mengamalkan amalan hikmah. Silahkan Anda pahami benar-benar agar dalam mengamalkan amalan hikmah anda dapat memperoleh hasil maksimal dan mendapat ridho Allah SWT. Baca Selengkapnya..


Faktor Yang Menjadikan Amalan Hikmah Penting

Bertahun-tahun orang meyakini rahasia amalan hikmah telah membuka jalan kesuksesan dan kemudahan dalam hidup manusia. Layaknya sebuah mesin, manusia hanyalah ciptaan Allah SWT, sedangkan amalan hikmah merupakan panduan bagaimana semestinya mesin itu berjalan. Ada rahasia yang hanya diketahui oleh orang-orang yang dekatkan diri dengan Allah SWT. Baca Selengkapnya..


Orang Modern Perlu Amalan Hikmah

Orang modern mencari hal yang mudah dalam mencapai suatu tujuan, baik untuk menuju kesuksesan bisnis, rejeki berlimpah, berkarir pekerjaan maupun hal lainnya, seperti keberuntungan, kecerdasan, kekayaan, pasangan hidup dan keilmuan. Sebagian besar, masyarakat modern hidup secara individualis, mereka berpikir rasional atau logis dan menerima serta menghargai pandangan atau gagasan orang lain dalam konteks ilmu pengetahuan akan mampu jadi pribadi yang lebih kreatif, percaya diri, disiplin dan bertanggung jawab. Baca Selengkapnya…